Breaking News
Foto: jabarekspres.com

5 Tanda Istri Cerdas Secara Finansial

Wahai Istri perahkah Anda dengar istilah “cerdas finansial”? Istilah ini akhir-akhir ini sering digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang dapat dengan mudah mengatur urusan-urusan keuangan baik pribadi maupun keluarga. Nah, apa saja ya tanda-tandanya kalau Istri termasuk cerdas finansial? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Selalu membuat anggaran setiap terima gaji

Mengatur keuangan di setiap bulannya memang selalu jadi challenge ya. Tapi, Anda nggak perlu worry kok. Anda bisa lakukan langkah cerdas, salah satunya membuat anggaran setiap terima gaji. Alokasikan dana secermat mungkin, sesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Apakah hal ini sudah rutin Anda lakukan?

2. Dapat membayar tagihan tepat waktu

Membayar tagihan tepat waktu, bisa jadi salah satu cara cerdas finansial yang bisa Anda lakukan lho. Anda perlu buat list tagihan yang harus dibayarkan tiap bulannya, seperti tagihan listrik, air, cicilan kendaraan, uang sekolah, dan lain-lain. Semua tagihan tersebut bisa dicatat atau buat alarm di handphone. Jangan sampai ada yang terlewat. 

3. Selalu bisa menabung baik tabungan produktif atau untuk dana darurat

Sudah jadi hal yang wajib, setiap keluarga punya tabungan produktif, atau minimal dana darurat. Seperti yang Anda ketahui, persiapan finansial ini akan berguna untuk hal-hal yang urgent dan dadakan. Oh iya, cara yang paling gampang, pisahkan tabungan keluarga di rekening yang berbeda. Selain itu, minimal nominalnya juga harus ditentukan.

4. Efektif dalam mengalokasikan anggaran belanja bulanan

Belanja bulanan jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus bikin ‘senam jantung’. Sebagai Istri yang cerdas secara finansial, skill mengalokasikan anggaran belanja bulanan agar bisa lebih hemat, salah satu kuncinya. Selain itu, Anda juga harus banget nih ‘bersahabat’ sama promo dan diskon!

5. Nggak pernah merasa kekurangan di akhir bulan

Anda pernah nggak sih mengalami kekurangan uang di akhir bulan? Kalau Anda belum pernah mengalaminya, berarti keuangan Anda bisa dinyatakan sehat walafiat. Sebab itu salah satu tanda Anda lulus dan cerdas secara finansial. Suami dan keluarga pasti bangga deh. []



Artikel Terkait :

About Laras Setiani

Check Also

8 Syarat yang Membuat Pernikahan Penuh Berkah

Menikah adalah ibadah, menikah adalah realisasi dari ketaatan kepada Allah dan Rasul, menikah adalah bagian dari aplikasi syari’ah. Maka luruskan niat, ikhlas karena Allah, karena menikah akan menjadi ibadah terpanjang dalam kehidupan manusia.

Tinggalkan Balasan