Breaking News
Foto: somaliquotes.wordpress.com

Ketika Suami Tak Mengindahkan Nasihat

 

Suami bukanlah orang yang sempurna, dan begitu pun kita. Satu dua hal yang kita tidak suka dari kebiasaan suami, pasti telah kita uangkapkan. Namun, kok rasanya tidak ada perubahan ya?

Rasanya setiap hari sudah kita ingatkan tuk menyimpan barang sesuai tempatnya, tapi masih saja kita akhirnya harus mencari ketika membutuhkannya. Rasanya kita sudah sama-sama mengajaknya kajian, tapi kok dia seperti tak ada perbaikan. Apa yang salah?

Mungkin cara komunikasi kita yang salah wahai saudariku. Suami bukanlah seperti anak-anak kita yang bisa kita cereweti terus. Suami dengan segala kebiasaannya adalah tetap imam dalam keluarga. Memberikan nasihat, tentu seharusnya berbeda dengan perintah.

“Mas, aku tuh udah berkali-kali kan ingetin, simpan handuk itu di rak handuk. Mas nih kapan sih bisa rapi, kotor dan basah kan handuk di taruh sembarangan di kamar.”

“Mas, anak kita itu akan mengikuti kebiasaan orang tuanya loh. Kalo orang tuanya suka kebersihan suka rapih dan kita selalu ingatkan, mereka juga mudah loh mengikuti. Anak-anak pertama kan melihat contoh dulu. Yuk mas sama-sama ya saling ingetin biar untuk rapih, simpan barang setelah pakai ke tempatnya. Agar anak-anak pun ikut rapi.”

Jika suami tak lagi mengindahkan nasihat isteri, mungkin karena ia susah membedakan antara nasihat, omelan atau perintah. Lama menikah bukanlah jaminan komunikasi yang di bangun telah baik, selama suami isteri itu pun tak menyadari ada yang salah dengan cara komunikasi mereka. Karena kadang komunikasi di awali dengan prasangka, sehingga yang keluar adalah omelan atau gerutuan yang membuat suami malah bingung dan akhirnya sama-sama berprasangka.

Perbaiki komunikasi, dan gunakanlah bahasa yang baik. Ambillah waktu yang terbaik untuk berbicara. Serta yang terpenting adalah awali dan iringi terus dengan doa, agar suami mengerti apa yang kita inginkan dan Allah berkenan melembutkan hatinya. []

Referensi: Menasihati Suami – Yufid TV
Redaktur: Wini Sulistiani

About Ummu Khadijah

Check Also

7 Tanda Suami Punya Selingkuhan

Suami dinyatakan selingkuh bukan sekadar karena kamu sebagai istri merasa ia berbeda. Harus ada bukti nyata sampai seorang istri bisa mengatakan suaminya berselingkuh.

Tinggalkan Balasan