Ruang Muslimah
Inspiring and Educating Muslim Woman

Mbak, Jilbabnya Nyapu Jalan, Bagaimana?

0

Banyak wanita muslimah yang menggunakan jilbab dengan ukuran yang panjang agar tak ingin auratnya nampak, tidak terlalu panjang sekali, namun panjang jilbab itu sampai menyentuh aspal (menyapu jalan).

Banyak sekali orang yang sering mencibir dengan kata-kata:

“Mbak, mau nyapu jalan ya? Itu lho gamisnya kepanjangan, sampai ke tanah.”

“Sudah lebar, panjang pula. Apa ga kotor? Kalau kena najis di jalan gimana?
Gak sah dong kalau pakaiannya dipakai sholat.”

“Iiiih… Jadi muslimah kok jorok sih? mbok panjangnya yang biasa aja, Ga usah berlebihan. Biar ga kotor…” Dan masih banyak lagi.

Dear Shalihah, sering mendengar komentar semacam ini?

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan mengenai bagian bawah pakaian, Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha berkata kepada Rasulullah, “Lalu bagaimana dengan pakaian seorang wanita wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Hendaklah ia mengulurkannya satu jengkal,” Ummu Salamah berkata, ‘Jika demikian masih tersingkap ”Satu hasta saja dan jangan lebih dari itu,” jawab beliau, (HR. At Tirmidzi. Hadits hasan shahih).

Dari hadits di atas dapat ditarik dua kesimpulan, yaitu:

Pertama, bahwa seorang wanita wajib menutup kedua matakakinya dengan pakaiannya.

Kedua, boleh hukumnya memanjangkan pakaian bagi seorang wanita dengan ukuran sebagaimana telah dijelaskan hadits di atas.

Lalu Apa Tidak Kena Najis? Tidak Sah di Pake Shalat Dong? Bagaimana?

Dari seorang ibu putra Ibrahim bin Abdurrahman bin ‘Auf bahwa ia pernah bertanya kepada Ummu Salamah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Sesungguhnya aku adalah seorang perempuan yang biasa memanjangkan (ukuran) pakaianku dan (kadang-kadang) aku berjalan di tempat kotor?’ maka Jawab Ummu Salamah, bahwa Nabi pernah bersabda, “Tanah selanjutnya menjadi pembersihnya.” (HR. Ibnu Majah, Imam Malik dan Tirmidzi. Hadits shahih).

Nah Jadi Jika Kena Najis Maka Langkah Kaki Selanjutnya Membersihkan Najis Tersebut.

Sudah Tahu Kan Sekarang bahwa memanjangkan jilbab itu hukumnya boleh, asal mengikuti yang diperintahkan di dalam hadist.
Lalu apa Sih Namanya Jilbab yang Menyapu Tanah Itu? Nah itu Namanya “Irkha”. []

Sumber : Majelis Tausiyah Cinta



Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...
You might also like

Tinggalkan balasan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Maaf Ukhti Antum Offline