Ruang Muslimah
Inspiring and Educating Muslim Woman

Cantik Tanpa Perlu Biaya Mahal!

0

Wanita mana yang tak menginginkan kulitnya putih berseri, cemerlang dan berkilauan sepanjang hari. Piring kali hehehe. Berbagai perawatan kerap dilakukan semua wanita, tak terkecuali wanita muslimah. Apakah harus? Ya harus dong, untuk membahagiakan suami di rumah.

Tapi perawatan kulit itu mahal, mau pakai krim pemutih juga takut mengandung mercury! Belum lagi jarang ada label halalnya. Mau cantik aja, kenapa harus ribet sih?

Eh, jangan panik dulu ukhti!

Kamu masih bisa kok mendapatkan kulit putih berseri dengan menggunakan bahan yang ada di dalam kulkas kamu. Bahan ini pasti kamu lihat setiap hari di rumah dan hasilnya juga sangat memuaskan. Aman dan dijamin halal lagi!

Apa saja, sih, bahan yang dimaksud?

Yuk, check this out

1. Tomat

Buah merah yang merona ini memang dikenal sebagai salah satu sayur mayur yang bisa menyehatkan mata juga mengobati sariawan. Enggak banyak yang tahu kalau tomat juga berkhasiat memutihkan kulit, loh. Bahkan yang diperoleh dari pemanfaatan buah tomat ini terkadang lebih memuaskan daripada krim yang beredar di pasaran, meskipun untuk mendapatkan hasil yang maksimal membutuhkan kesabaran dan waktu yang banyak. Tapi jelas, pemanfaatan tomat untuk wajah ini jauh lebih aman dan murah ketimbang krim pemutih yang beredar di pasaran.

Tomat mengandung lycopene yang tinggi, Vitamin B9, Vitamin C, Vitamin A dan Zat Besi.

Lycopene adalah salah satu zat anti oksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas, sementara Vitamin B9 digunakan untuk mempercepat regenerasi sel. Kandungan Lycopen dan Vitamin B9 yang dimiliki tomat cukup tinggi, sehingga mampu memberi manfaat maksimal untuk kulit seperti memutihkan kulit, mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

Selain manfaatnya yang besar untuk kecantikan, tomat juga mudah ditemukan. Kamu tinggal membuka kulkas dan akan menemukan buah ini di sana. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan tomat dan menempelkannya di wajah secara merata. Tunggu 5-15 menit, kemudian dibilas.

2. Kopi

Siapa sih yang enggak punya kopi bubuk di rumahnya?

Di Indonesia, penggemar kopi memang cukup banyak. Rasa-rasanya, nyaris 98% penduduk Indonesia adalah penikmat kopi dan bahan minuman yang satu ini wajib ada di dapur rumah. Tapi, kamu tahu enggak kalau bubuk kopi memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan kulit. Selain nikotin, kopi juga mengandung anti oksidan sehingga mampu mengangkat sel-sel kulit yang mati akibat radikal bebas dan memutihkan kulit. Selain itu, kopi juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan komedo dan mengencangkan kulit wajah.

Untuk penggunaannya sendiri cukup sederhana. Kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan air secukupnya. Atau, jika kamu ingin hasil yang lebih baik lagi, kamu bisa mencampurkan minyak zaitun atau baby oil.

Mudah dan murah, kan?

Loading...

3. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang penting. Kunyit biasanya digunakan untuk menggulai atau membuat sayur asam. Selain untuk memasak, kunyit ternyata sangat bermanfaat untuk membuat warna kulit lebih cerah? Enggak percaya?

Kunyit mengandung curcuminoid pigmen yang mengaktifkan gen-gen yang meningkatkan sintesis tubuh dari antioksidan. Ini melindungi sel-sel otak dan kulit dari kerusakan radikal bebas, meningkatkan konsentrasi, dan bahkan memperlambat pembentukan garis-garis halus dan kerutan kulit. Kunyit juga dapat menghambat inflamasi enzim yang terkait dengan psoriasis. Hal ini juga dapat menurunkan kadar sitokin yang merangsang sel peradangan dan mungkin akhirnya menyebabkan psoriasis. Pemutihan sifat-sifat kunyit yang dapat membantu mengobati pigmentasi kulit. Ramuan ini juga dapat menjaga kulit bebas dari infeksi.

Cara penggunaan ramuan kunyit ini cukup mudah. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan air bersih untuk dijadikan masker atau memarut kunyit segar dan memeras airnya untuk ditempelkan di wajah.

4. Madu

Madu sendiri merupakan campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada pula karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi tiap madu tidaklah sama, karena hal tersebut bergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah menghasilkan nektar.

Selain manfaat untuk kesehatan, kandungan dalam madu juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama untuk melembabkan dan memutihkan kulit.

Cara penggunaannya sangat sederhana dan mudah. Cukup cairkan sesendok madu di atas lilin sampai hangat dan oleskan ke kulit wajah.

5. Kulit Pisang

Kulit pisang biasanya dibuang dalam tong sampah dan tidak pernah dilirik atau dimanfaatkan. Ukhti, jangan lakukan ini lagi. Sebab ternyata kulit pisang sangat bermanfaat bagi kecantikan kita yang hakiki ini.

Itu karena dalam kulit pisang memiliki beberapa kandungan seperti vitamin B, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalim yang terdapat di dalamnya. Salah satu adalah dapat menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terdapat di dalam kulit pisang ini juga dapat mengurangi minyak berlebih serta dapat mengatasi iritasi dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta dapat menghilangkan bekas jerawat.

Selain itu, kandungan yang terdapat di dalam kulit pisang juga berguna untuk mencegah kerutan, penuaan dini sekaligus memutihkan wajah. Gak nyangka banget, kan?

Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengambil kulit pisang yang masih kuning lalu gosok-gosokkan pada muka dan jika sudah menghitam ambil lagi dan ulangi. Lakukan kurang lebih 10 menit dan biarkan 30 menit lalu bilas. Cara ini dapat dilakukan setiap hari hingga noda jerawat yang tampak kemerahan mulai memudar serta jerawat tidak muncul kembali.

Gimana ukhti? Semua bahan yang ditulis di atas mudah dan murah untuk digunakan, kan? Selain bahan alami yang menjamin kualitas, murahnya bahan-bahan itu tidak membuat kantongmu jebol. Cantik enggak harus mahal, kok! []

 

Sumber: Vebma



Artikel Terkait :
Loading...
You might also like

Tinggalkan balasan

Your email address will not be published.

Maaf Ukhti Antum Offline